Friday, May 20, 2011

Teknik Mengaktifkan Cakra

Pengantar
            Saat ini berkembang berbagai metode dan latihan untuk mengaktifkan dan membersihkan cakra-cakra dalam tubuh fisik seseorang sehingga berdampak pada peningkatan kualitas diri dan keshatan.  Dibandingkan  dengan teknik Yoga dan Akupuntur  yang  membutuhkan waktu yang lama dan bertahun-tahun untuk membersihkan dan mengaktifkan seluruh cakra, teknik Reiki yang dikembangkan oleh Dokter Mikao Usui hanya membutuhkan waktu sekitar 30  hingga 45  menit untuk mengaktifkan cakra-cakra seseorang. Teknik Mikao Usui dikembangkan di Kasih Agung Reiki, kemudian dikombinasikan dengan teknik yang ditemukan oleh Master Arnoldus dengan mendayagunakan energi bumi, yang membersihkan cakra-cakra mulai dari cakra dasar hingga cakra mahkota. Berikut  akan diuraikan teknik-teknik ini secara singkat dan padat.

1.  Latihan Yoga Asanas
Secara sederhana Yoga merupakan usaha penyatuan tubuh, pikiran, emosi, dan spirit (jiwa) agar semuanya bekerja secara seimbang. Dalam Yoga dipelajari filosofi tentang manusia, cara menjalani hidup secara seimbang, serta bagaimana cara bertahan hidup kalau tidak ada keseimbangan.
Melalui latihan-latihan tertentu dalam teknik Yoga, gerakan-gerakan  tertentu, posisi tubuh dan teknik pernapasan, cakra-cakra seseorang  sedikit-demi-sedikit mulai dibersihkan, diselaraskan  dan pada saatnya aktif menghasilkan energi vital. Teknik ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan latihan yang  tekun dan teratur untuk mengaktifkan seluruh cakra dan Kundalini  seseorang  (± 10-15 tahun).

2. Teknik Prana
Prana adalah istilah Sansekerta yang berarti energi vital atau daya hidup yang memberikan kehidupan bagi seluruh alam semesta, termasuk  kehidupan dan kesehatan tubuh manusia. Sumber prana sangat berlimpah di seluruh bumi,  antara lain di udara, bumi, dan matahari. Ini adalah kekuatan hidup untuk manusia, tumbuhan, hewan dan ciptaan lainnya dalam planet bumi.
Mereka  yang mempunyai banyak prana cenderung membuat orang-orang di sekitarnya merasa lebih baik dan bergairah. Sebaliknya, mereka yang kekurangan prana cenderung tanpa sadar menyerap prana dari seseorang atau orang-orang lain.
Latihan-latihan fisik seperti olahraga, dansa,  jalan kaki, berenang, atau naik gunung mempermudah penyebaran prana ke seluruh tubuh dan mempercepat pengolahan prana segar maupun pembuangan prana kotor atau prana yang sudah terpakai.
Dengan teknik tertentu melalui bantuan seorang praktisi prana tubuh energi/bioplasmik/aura seseorang  dibersihkan dan disalurkan energi vital yang diakses dari alam. Seorang praktisi prana harus mengetahui dengan sadar  bagaimana caranya memperoleh prana dari lingkungan dan kemudian memproyeksikan memindahkannya kepada pasien. Dengan cara ini, kekuatan dan vitalitas akan diperoleh kembali oleh pasien. Tapi teknik ini membutuhkan latihan yang lama dan teratur.

3. Teknik Akupuntur  
Akupunktur adalah suatu cara pengobatan yang memanfaatkan rangsangan pada titik-titik akupunktur tubuh pasien, telinga atau kulit kepala untuk mempengaruhi aliran bioenergi tubuh yang disebut dengan  Qi (baca: Chi). Qi  ini mengalir dalam jalur meridian, sehingga inti pengobatan akupunktur adalah untuk mengembalikan sistem keseimbangan (homeostasis) tubuh yang terwujud dengan adanya aliran Qi   yang teratur dan harmonis dalam meridian sehingga pasien sehat kembali.
Melalui tusuk jarum yang dilakukan seorang ahli atau praktisi Akupuntur  titik-titik pusat energi vital anda  secara bertahap dirangsang untuk aktif dan pada akhirnya menghasilkan energi vital untuk disalurkan pada bagian tubuh yang  membutuhkannya melalui jalur-jalur meridian dan jalur nadis  tubuh. Pada saat terapi penusukan jarum pada umumnya pasien merasa rileks. Lamanya terapi antara 15 sampai dengan 20 menit. Aplikasi pengobatan akupunktur sendiri kini makin meluas. Bukan hanya untuk mengembalikan keseimbangan homeostasis saja, tapi juga untuk menimbulkan berbagai efek, seperti analgesia (penghilang rasa sakit) dan anesthesia (pembiusan).
Efek aplikasi akupunktur yang lain adalah untuk penyembuhan, pencegahan (dapat meningkatkan daya tahan tubuh), menunjang olahraga (bisa menimbulkan efek dopping tanpa menggunakan obat).

4. Teknik Usui
Teknik ini ditemukan dan dikembangkan oleh Master Mikao Usui dari Jepang sejak tahun 1914, dengan mengakses  energi alam semesta dan dengan membuat pola energi alam semesta melalui teknik Attunement atau penyelarasan seketika. Dalam waktu 30-45 menit seluruh cakra-cakra anda  dibersihkan dan diselaraskan sehingga aktif dan secara terus menerus cakra-cakra itu  mengakses  energi vital dari alam semesta. Setelah  anda  di-attunement tubuh bioplasmik yang berukuran 5-20 cm keluar dari tubuh fisik  berkembang menjadi 1,5 sampai dengan 2,5 meter. Teknik ini dikembangkan oleh Master Mikao Usui  melalui referensi teknik Yoga dan teknik penyebuhan  yang dilakukan oleh orang-orang Tibet. Dengan tubuh bioplasmik anda yang semakin lebar maka getaran gelombang energi  elektromagnetik semakin tinggi dan jauh. Hasilnya anda semakin sehat secara  fisik dan psikis,  juga mampu menyalurkan energi penyembuhan,  baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain.
Teknik penyembuhan yang dikembangkan oleh Master Mikao Usui ini berkembang pesat  di seluruh Jepang dan sejak tahun 1938.  Ny. Hawayo Takata menyebarluaskannya mulai dari Hawai, Amerika Serikat,  Eropa, Australia, dan masuk ke Indonesia sejak tahun 1992. Teknik ini dikenal dengan istilah Reiki. Rei yang berarti alam semesta dan Ki berarti energi vital atau disebut juga  chi, prana, atau energi kehidupan.

5. Teknik Arnoldus
Teknik ini ditemukan dan dikembangkan Master  Arnoldus sejak Desembar 2005  dengan mengakses energi bumi untuk membersihkan, mengaktifkan dan menyelaraskan cakra-cakra tubuh fisik manusia. Penemuan ini berdasarkan suatu hipotesis yang mengatakan bahwa setiap benda yang bergerak menghasilkan energi, baik bergerak lurus maupun berputar secara spontan. Bumi yang berputar pada porosnya 24 jam sehari menghasilkan energi kehidupan  yang memungkinkan seluruh proses kehidupan dapat berjalan di atas bumi. Dari hasil penelitian dan pengamatan beberapa ahli dikatakan bahwa di permukaan bumi kita terbentang jalur energi seperti sarang laba-laba yang selalu mengalirkan dua jenis energi yaitu energi dingin (Yin/negatif) dan energi panas (Yang/positif).
Seluruh pola hidup mahluk hidup mengikuti dan dipengaruhi dua jenis energi ini. Pohon besar yang berbuah akan hidup baik dan produktif pada jalur energi yang panas sedangkan jamur dan pohon perdu hidup baik dan produktif pada jalur energi dingin.  Kucing sangat betah tidur pada jalur energi dingin/Yin.
Pada manusia keberadaam kedua jenis jalur energi ini memberikan dampak yang sangat signifikan,  hampir jarang sekali terjadi keseimbangan  secara alami energi yang mengalir pada sebuah tempat tinggal. Apabila jalur energi  dingin lebih dominan maka akan terjadi penipisan pada tubuh bioplasmik, bahkan ada beberapa kasus hampir merapat pada tubuh fisik. Orang ini akan sangat rentan terhadap bibit penyakit apa saja maupun energi negatif yang lain. Gejala ini biasanya dialami oleh anggota keluarga yang mengalami  sakit yang terus menerus secara bergantian atau bersama-sama bahkan bisa menyebabkan kematian. Begitu apabila sebuah rumah  yang berada pada jalur energi yang dominan panas/Yang akan berdampak pada pembengkakan  pada tubuh bioplasmik/tubuh  energi dan akan berdampak ketegangan pada otot dan pegal-pegal yang tidak beralasan bukan karena asam urat atau reumatik.
Namun bumi juga memberikan energi penyembuhan yang luar biasa apabila terjadi interaksi antara jalur energi panas/Yang dan jalur energi dingin/Yin. Di titik pertemuan arus positif (Yang) dan arus negatif (Yin) bumi melepaskan gelombang energi elektromagnetik atau energi  kehidupan yang akan membersihkan dan mengaktifikan cakra-cakra anda seketika mulai dari cakra dasar sampai cakra  mahkota.

6. Penggabungan Teknik
Teknik yang dikembangkan oleh Master Mikao Usui adalah membersihkan, mengaktifkan serta menyeleraskan  cakra-cakra mulai dari cakra mahkota sampai ke cakra dasar, setelah mengakses enegi alam semesta atau energi Rei. Sedangkan teknik yang dikembangkan oleh Master Arnoldus membersihkan dan mengaktifkan cakra-cakra  mulai dari cakra dasar sampai cakra mahkota.
Kedua teknik ini dikembangkan dan digunakan bersama-bersama oleh Master Arnoldus di Kasih Agung Reiki, sehingga  memberikan hasil yang maksimal. Tubuh energi atau  bioplasmik seseorang yang di-attunement oleh Master Arnoldus berkembang dua sampai tiga meter setelah attunement. Kundalini nya pun aktif  seketika sehingga baik tubuh energi maupun getarannya meningkat secara kualitatif dari waktu ke waktu dan bertahan seumur hidup. Dengan energi yang begitu besar anda akan sehat sekali sekaligus memiliki kemampuan untuk menyalurkan energi penyembuhan,  baik untuk diri sendiri maupun  orang lain,  untuk berbagai macam jenis penyakit.
Beberapa catatan  yang perlu anda perhatikan dalam perjalanan hidup anda dan keluarga sebagai berikut:
1. Apabila anda mengalami sakit bergantian dalam keluarga, seperti penyakit menahun, penyakit misterius, sering mengalami ketegangan fisik dan mental, terus menerus sakit flu, tiap bulan mimpi buruk,   kemungkinan besar disebabkan jalur energi yang tidak seimbang di rumah anda yang mengakibatkan penipisan  pada tubuh energi atau aura anda.
2. Apabila anda ingin menempati sebuah rumah baru yang sebelum dibangun mengalami penggalian yang cukup dalam atau berada di atas pegunungan, kemungkinan besar jalur  energi bumi di rumah anda mengalami gangguan sehingga membawa dampak yang merugikan bagi kesehatan fisik anda.
3. Apabila anda sering mengalami gangguan roh halus, sering merasa ketakutan, kurang percaya diri, mudah dipengaruhi kemungkinan besar getaran tubuh biosplamik anda kecil.
4. Secara intuisi semua mahluk hidup terutama manusia akan mendatangkan tempat yang menyehatkan atau menyenangkan, dan tentu saja menghindari tempat yang  merugikan atau tempat yang tidak menyenangkan. Apabila tempat usaha (kantor, ruko, toko, warung) anda  memiliki jalur energi negatif  (Yin) dan energi positif (Yang) yang seimbang, maka tempat itu merupakan tempat yang menyenangkan dan juga berdampak pada peningkatan kesehatan. Umumnya tempat seperti ini  sangat diminati  oleh banyak orang. Sebaliknya kalau jalur energinya tidak seimbang, orang akan cenderung menghindari tempat itu, baik untuk kegiatan usaha maupun rumah tinggal.  Anda bisa mengetahui jalur energi di tempat usaha atau tinggal anda, dengan menggunakan alat ukur pendulum atau dosing.